kasus 5.. tentang tiroid

1

TIROID

kelenjar tiroid.. hm.. yg ada di leher itu kan? yang jadi gede kalo lagi gondokan itu kan???

YA!!!

kelenjar tiroid adalah kelenjar yang terletak di dua sisi trakea.. kalo dari depan berbentuk seperti kupu kupu terdiri dari dua lobus lateral kiri dan kanan.. dihubungkan oleh bagian yang namanya isthmus..
 

kira2 gitu lah gambaranya,..
secara histologis terdiri dari sel folikuler dan parafolikuler yang mengelilingi lumen (colloid) dalam bentuk aktif.. sel folikuler berbentuk kubus sampai silinder,, sedangkan kalo lagi ga aktif bentuknya kubus tipis sampai gepeng.

sel parafolikuler membentuk hormon calcitonin sedangkan sel folikuler mengahsilkan T3 (triiodotyrosin)dan T4(tetraiodotyrosin/tiroxin)..

proses pembentukan hormon oleh kelenjar tiroid

jadi begini.. hormon tiroid itu bahan dasarnya rata rata adalah iodin / iodida..

berikut ini adalah proses  pembentukan hormon di kelenjar tiroid oleh sel folikular

pertama .. penangkapan iodida.. jadi iodine dari darah menempel pada sytosol sel folikuler.. lalu di endositosis.
kedua .. sementara itu.. retikulum endoplasma sel folikuler membentuk TGB(thyroglobuline) yang seterusnya dimodifikasi dan disimpan dalam badan golgi yang lalu di kemas dalam vesikel-vesikel yang nantinya akan di eksositosis ke dalam lumen (colloid) bersamaan dengan iodine yang udah di oksidasi
ketiga.. iodida  di oksidasi.. karena hanya dapat berikatan dengan TGB dalam bentuk iodine.. yang lalu akan dikeluarkan jg menuju colloid..
keempaat ..  iodine yang berada dalam lumen akan berekasi dan berikatan dengan tyrosin yang ada pada TGB .. tyrosin pada TGB ada yang ngiket 2 iodine, ada yang cuma satu.. yang ngiket satu namanya monoiodotyrosyn (T1) dan yang ngiket 2 namanya diiodotyrosyn(T2)
kelima .. terjadi pemasangan /coupling antara T1 dengan T2 membentuk T3.. dan T2 dengan T2 membentuk T4.
keenam .. TGb yang telah ter iodisasi tadi masuk lagi dah ke sel folikular dengan cara pynositosis.. yang akhirnya berikatan dengan lisosom.. lisosom menghancurkan TGB hingga yang tersisa hanyalah T3 dan T4 belaka..
ketujuh.. saat diperlukan .. T3 dan T4 keluar dah lewat membran sel.. berikatan dengan TBG (tyrosin binding globulin) dan beredar dalam darah..

selesai kan?

fungsi hormon tiroid..

1. menaikan BMR  dengan naiknya BMR.. berarti hormon ini meningkatkan penggunaan oksigen dalam sel untuk pembentukan ATP sehingga laju metabolisme karbohidrat lemak dan protein meningkat..tetapi badan ga gemuk...
2. mengaktifakn pompa ion Na / K ATPase.. yang mana menghabiskan banyak energi dan menghasilkan banyak energi juga.. yang akan mengakibatkan meningkatnya suhu tubuh
3. mengatur regulasi metabolis.. hormon tiroid meningkatkan penggunaan glukosa dan lipid sebagai sumber pembentukan ATP.. dengan demikian meningkatkan juga lipolisis (pemecahan lemak) 
4. mempengaruhi hormon lain seperti norephinefrin dan epinefrin yang menyebabkan gejala seperti heart rate meningkat (detak jantung ) dan tekanan darah juga meningkat.
5. bersama dengan insulin dan hGH (semua sudah di bahas pada kasus sebelumnya) meningkatkan laju pertumbuhan.


Kontrol sekresi 

kontrol sekresi hormon tiroid adalah melalui feedback negative dari hormon TRH (hipotalamus) dan TSH (hipofisis) 

sekarang kita masuk penyakitnya ..

HIPERTIROID..
gini aja.. biar lebih gampang dan biar kita ga sama sama pusing..
kita langsung ke gejala..

kalo hiper hormon... berarti fungsinya juga hiper.. alhasil ini yang terjadi

1. gemeteran.. karena mau ngehasilin tenaga banyak.. kudu banyak gerak sendiri
2. panas.. udah gw jelasin tadi
3. keringetan.. berkaitan dengan mekanisme pengaturan suhu tubuh..
4.berat badan menurun.. karena banyak lipolisis.. energi cuma jadi tenaga aja.. ga jadi darah daging..
5. diare.. aktivitas simpatis berlebih..
6. kelemahan otot..
7. makan jadi rakus.. 
8. ada juga yang namanya eksoftalmos.. karena otot mata terinfiltrasi sellimfosit dan selmast..juga sel plasma.
9 kadar T3 dan T4 darah jadi naek
10.kadar TSH malah turun (feedback negative)


kalo gondok

 kalo gondok itu bisa karena hiper atau hipo.. bisa juga ga berhubungan ..
kalo hiper karena TSI .. makanya dia dipaksa memproduksi hormon lebih banyak.. terjadilah hiportropi dan hiperplasia sel..
kalo dia kekurangan iodine juga gitu,, bisa jadi besar...


obatnya adalaaaaaah???

1. obat obat anti tiroid (propiltiourasil dan metimazol)
2  penyekat beta bloker antagonis adrenergik
3. pembedahan tiroidektomi
4. yodium radioaktif

catatan: obat diatas hanya boleh diresepkan oleh dokter yang telah disumpah dan diwisuda.. wakkakakaka

udah dolo ai... 




1 komentar:

themanlie mengatakan...

gan, ane termasuk tuh.. gimana nih -_-"

Poskan Komentar