hiperlipoproteinemia

0

bahasan kasus tadi..

hiperlipoproteinemia artinya kebanyakan lipoprotein dalam  darah.. kenapa bisa???

hiperlipoproteinemia itu biasanya terjadi pada orang obesitas,, kenapa??

hehe mari kita mulai dengan metabolisme lipid..

metabolisme lipid (lemak)

lemak merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh.. fungsinya

1. sebagai penyusun membran sel
2. sumber tenaga apabila kelaparan sel.. ddengan lipolisis dan beta oksidasi
3. cadangan makanan
4. bantalan tubuh
5. banyak lah

tapi banyak juga penyakit yang ditimbulin karena kebanyakan lemak... berawal dari obesitas.. bisa jadi DM tipe II.. bisa jadi koroner.. bisa jadi arterosklerosis,.. bisa jadi macem macem....

jadi.. lemak itu diserap oleh tubuh dalam bentuk asam lemak.. dimana untuk memecah TAG (triacylgliserol?lemak besar yang sering kita makan) menjadi asam lemak.. dibutuhkan enzim pankreas yang bernama enzim lipase pankreas...

enzim terbentuk dar protein yang bersifat hidrofilik.. sedang TGA bersifat hidrofobik.. gmana bisa nyampur?

oleh karena itulah dibutuhkan sekret dari kelenjar empedu.. yaitu emulgator pencampur lemak dan lipase yang terbentuk dari derivat kolesterol.

setlah nyampur dan dipecah oleh lipase.. lemak diserap dalam bentuk asam lemak dan diangkut..

lemak itu tidak larut plasma kan?? karena itulah lemak membutuhkan pengangkut lemak yang disebut LIPOPROTEIN.
pengangkut lemak (lipoprotein) ada beberapa jurusan

1.kilomikron (jurusan dari usus ke hati) melalui pembuluh limph (bukan levan porta hepatica) lalu masuk ke vena cava suprior,, dibentuk di usus

2. VLDL dan LDL (jurusan hati ke tubuh) setelah kerja selesai.. semua asam lemak diangkut ke jaringan.. gliserol langsung masuk ke plasma dan kolesterol dikembalikan ke empedu.. atau dibawa sampe mati dibentuk di hati

3. IDL (nanti lama2 VLDL dan LDL jadi IDL)

4. HDL (jurusan jaringan ke hati) bisa disebut jaringan lemak "kembali pulang" (kangen band) dibentuk di sel extra hepatic

kenapa kok lipoprotein bisa numpuk banyak?

ada banyak faktor.. salah satunya.. karena asupan lemak yang tinggi.. yang menyebabkan naiknya produksi lipo protein.

ada juga faktor karena meningkatnya lipolisis yang disebabkan kelaparan sel /contoh: orang gemuk yang DM

Kok bisa jadi penyakit stroke, arterosklerosis dan laen2?

  jadi.. ketika tugas LDL selesai.. dia akan di makan oleh makrofag dan akan menghasilkan sel busa yang bisa mengendap di dinding pembuluh darah.. karena numpuk.. mampet deh.. jadilah dia arteriosklerosis.

tambahan
orang gemuk kan cukup energi.. kenapa bisa tetep lapar??

jadi ada hormon yang harusnya bisa mendeteksi lapar yaitu hormon leptin.. tetapi sel menjadi resisten terhadap homon ini karena dihasilkan adiponektin oleh jaringan adiposa.

makanyaaaa..
yang ngerasa gemuk.. kurusin badan.. yang kurus .. gemukin badan.. yang gila.. buruan waras!!

terimakasih wassalam..

kalo ada yang kurang jelas.. ato ada yang mau ditambahin.. ato ada yang mau nambahin ato ada pertanyaan..komen aja.. atau sms.. atau wall aja 

sistem urinary

0

karena request yang datang silih berganti..
makanya keluarlah postingan ini

gmana bisa terbentuk urin?

jadi urine itu sebenernya air... ditambah zat2 yang ga diperlukan oleh tubuh yang berasal dari hasil saringan ginjal.

ada beberapa proses yang terjadi di ginjal

1. filtrasi
filtrasi ini terjadi di glomerolus dan kapsula bowman, dimana proses ini menyaring zat zat seperti glukosa, asam amino, asam lemak, asam urat dan uric2 lain beserta ion ion berlebih seperti Na Cl urea ama pospat..

2. reabsorbsi
proses ini terjadi di tubulus proximal, yang terjadi adalah penyerapan kembali zat zat yang dibutuhkan tubuh,,
seperti glukosa, asam amino dan asam lemak dan air... pada keadaan normal pada urine seharusnya tidak terdapat glukosa. apabila terdapat glukosa.. berarti glukosa darah melampaui renal treshold >180mg/dl.

3. augmentasi
proses ini terjadi di lengkung henle / loop of henle.. augmentasi ini adalah proses pengenceran dan pemekatan urine.. dimana disini jg di sekresikan zat zat lain yang masih harus dibuang dan juga diatur kadar air pada urine tersebut!!!


giamana sih perjalanan sang urine??

jadi urine itu terbentuk dari saringan darah yang disaring oleh glomerolus

setelah itu menembus ke kapsula bowman

dari bowman menuju ke tubulus proximal yang selanjutnya akan diteruskan ke lengkung henle..

dari lengkung henle urine sudah jadi.. diteruskan ke tubulus distal..lanjut ke tubulus kolektivus langsung ke ductus kolectivus

selanjutnya akan diteruskan ke ureter dan ditampung di vesica urinaria (bagus y namanya?) atau disebut kandung kemih,,

gimana proses berkemih?

proses berkemih yang baik dan benar adalah di WC.. atau di belakang pohon (ahhahahahaha)

ga ding.. ni prosesnya

orang akan mau berkemih kalo dipaksa kemih, atau kalo emang udah harus kencing
dipaksa kencing tu contohnya waktu mau tes urine masuk unila (kencingnya kepaksa banget)

kalo emang udah harus kencing.. gini prosesnya

jadi.. ceritanya waktu berlalu sangat cepat sampai kandung kemih puh terisi penuh dan mengembung (memekar/mengembang/membabibuta) sehingga menekan ujung syaraf sensoris..

impuls ini dibawa ke medula spinalis yang akan menentukan tindakan selanjutnya,

alhasil setelah rapat dewan medula spinalis, diputuskan untuk merangsang syaraf parasimpatis dan menghambat syaraf simpatis

perangsangan syaraf parasimpatis ini menyebabkab dinding kandung kemih kontraksi ..
sedangkan penghambatan syaraf simpatis menyebabkan otot spinter urethra interna relaxasi..

sehingga perasaan kita kalo air kencing itu udah di ujung tanduk..
tapi untungnya ada otot spinter uretrha eksterna

kenapa kalo dingin banyak kencing.. kalo panas engga?

dalam tubuh ini ada sistem pengaturan hemostatis yang bekerja dengan ribet dan terus menerus

 kalo panas kita banyak keluarin keringett.. lantas.. keadaan tubuh jadi pekat (butuh air) sehingga hipotalamus menghasilkan hormon ADH yang berguna mengurangi kadar air kencing agar tubuh tidak kekurangan air.. akibatnya kencing jadi sedikit..

kalo ampe dehidrasi kencing jadi pekat, kental dan kuning

kalo dingin?? ya kebalikanya... sekali-sekali mikir sendiri


kok kalo cemas/ takut bawaanya mau kencing aja??

balik lagi ke syaraf yang aktif saat kita stress.. yaitu sayaraf parasimpatis.. yang efeknya pasti kamu udah tau


udah yaa.... segini dulu.. tar lagi... ni udah jam setengah 3 pagi
 

pengobatan asam urat

1

ni lanjutan dari postingan sebelumnya... disarankan sebelum baca yang ini, baca dulu yang judulnya asam urat.

nah..

setelah kita bahas tadi.. penyakit ini terjadi karena asam urat yang banyak, atau karena eksresinya yang terganggu. jadi,,, pengobatanya bisa dengan ngurangin makan-makanan yang mengandung asam urat terlebih dahulu (untuk yang akut dan baru mau mulai, cocok nih)

nah.. kalo yang kronik..pengobatanya bisa seperti yang bakal saya tulis di bawah ini berdasarkan diskusi dengan dokter, calon dokter, dan dukun setempat (ehhe ^^)

1. alopurinol
 ni obat lumayan mujarab.. hehehe.. ni obat bakal menghambat enzim xantin oksidase yang bisa merubah turunan purin menjadi asam urat,, jadi.. proses pembentukan asam urat dapat diperlambat, dan pengkristalan dapat dikurangi.

2. obat obatan urikosurik
 obat ini dapat meningkatkan eksresi asam urat melalui urin dengan cara menurunkan reabsorbsi ginjal. banyak yang harus diperhatikan dalam pemberian obat. kreatinin klirens penderita harus diperiksa untuk mementukan jenis obat yang dipake.. pemakai obat ini mesti minum aer yang banyak dan ga boleh minum aspirin. karena aspirin bisa menghambat kinerja ni obat.

3. kolkisin
 kolkisin dapat menghambat fagositik hingga dapat mengatasi gejala-gejala yang timbul.

4. obat obat anti radang
 yah pokoknya anti radang.. kalo ini aja ga tau namanya kelewatan!! ahahha

wassalam

asam urat

1

penyakit asam urat atau gout adalah penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyaknya asam urat dalam darah. penyebabnya bisa karena berkurangnya eksresi asam urat yang mestinya dikeluarkan oleh ginjal ke dalam urin, atau karena terlalu banyaknya asam urat dalam darah karena gangguan metabolik purin-pirimidine.

asam urat dapat terjadi karena sebab primer dan sekunder. primer jika terjadi karena langsung oleh penyebab yang saya sebutkan di atas. sekunder jika terjadi karena penybab tidak langsung seperti obat obatan dan lainya.

gimana sih penyakitnya??

penyakitnya itu nyeri dan bengkak pada sendi gara-gara tebentuknya kristal monosodium urat monohidrat. kalau tidak diobati, kristal bakalan makin banyak dan makin menumpuk, dan yang jelas bakal bikin makin sakit aja.

brapa sih kadar normal asam urat??

kadar asam urat normal bagi wanita adalah 3-5 mg/dl, sedang pada laki-laki 4-6 mg/dl. kalo bencong?? coba tanya ama yang bencong aja.! kalo orang yang sakit gout minimal 10 mg /dl.

gmana perjalanan penyakitnya

awal awal asam urat naek itu.. namanya hipeurisemia asimptomatik. ini maksudnya kadar asam urat udah mulai tinggi, tapi belom terjadi gejala-gejala menyakitkan.

dilanjutkan oleh fase artritis gout akut. karena udah banyak asam urat dalam darah, kristal asam urat kebentuk di daerah sendi dan tulang rawan seperti di sendi telapak kaki, lutut, tangan dan siku.kristal ini selain menekan daerah sendi, juga memacu fagositosis oleh sel darah putih yang menyebabkan inflamasi akut. disini pasien bakal ngerasa sakit dan cenderung untuk berobat.

ada lagi fase interkritis, ini fase antara fase akut dan fase kronik.

trus fase terakhir ni fase arthritis gout kronik. ini biasanya gara gara yang akut dibiar biarin.. yang ini biasanya menahun. sakit terus ga tanggung-tanggung. sendi sendi tempat terdapat tofi (kristal asam urat yang terlihat bentol2 dari luar) menjadi lebih banyak dan membabibuta,, (ahha^^)

gimana sih metabolisme purin ini ?? kok ga boleh makan enak??

hehehe ini agak berat ni... berhubung ini udah jam setengah empat subuh.. gw mau ngucek cucian bentar..
(kucek kucek)
(bilas bilas)
(jemur jemur)

oke2 kita lanjut lagi.. tapi ni bakal harus dibaca berkali kali,karena ini agak ribet

asam urat itu berasal dari purin.. purin ini punya emak.. emaknya ini namanya nukleosida.. emaknya lagi namanya nukleotida,, emaknya lagi baru namanya asam nukleat,, ada baiknya kita urutkan dari yang paling emak duluan

asam nukleat dimakan, masuk kedalam usus.. dalam usus akan dipecah ama enzim endonuklease menjadi oligonukleoida..

oligo nukleotida dipecah oleh fosfodiesterase menjadi nukleosida mono fosfat

nukleosida monofosfat akan dipecah oleh enzim fosfomonoesterase(nekleosidase) menjadi nukleosida
nukleosida akan dipecah lagi oleh enzim nukleosida fosforilase menjadi basa dan nukleobase..

setelah ini bisa jadi 2 kejadian.. bisa disintesis lagi jadi asam nukleat, bisa jg dibuang.. eits.. sebelum dibuang harus jadi purin dan pirimidin dulu.

nah purin ini bisa menjadi hipoxantin selanjutnya menjadi xantin dan menjadi asam urat.. perubahan ini didukung oleh enzim xantin oksidase

karena eksresi berkurang atau karena asam uratnya kebanyakan ampe ga bisa dikeluarin lagi. akhirnya mereka numpuk deh, dan ngristal.

obatnya?
bakal ada di postingan selanjutnya

Enzim dan hormon yang berpengaruh pada sistem pencernaan.

1


Enzim dan hormon yang berpengaruh pada sistem pencernaan.
Pada sistem pencernaan, pencernaan zat-zat makanan dilakukan secara mekanis dan kimiawi. Secara mekanis dilakukan dengan gerakan, sedangkan secara kimiawi dilakukan menggunakan enzim-enzim peencernaan yang dihasilkan saluran cerna atau bukan saluran cerna (contoh: pankreas). Selain mencerna, absorbsi zat-zat makanan dipengaruhi oleh hormon-hormon (terutama hormon metabolisme) yang bisa berdampak langsung atau tidak langsung.
Untuk mempelajari dan mempermudah klasifikasi, berikut ini adalah klasifikaasi  enzim yang berpengaruh pada sistem pencernaan berdasarkan zat-zat makanan yang akan dicerna
1.      Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuh, walaupun energi yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh lemak dan protein, karena karbohidrat lebih mudah diceerna dan dimetabolisme oleh tubuh kita. Karbohidrat dicerna oleh tubuh dalam bentuk gula sederhana atau disebut monosakarida. Untuk pembelajaran yang lebih runtut dan sistematis, berikut adalah enzim enzim yang berperan dalam pencernaan karbohidrat berdasarkan urutan kerja.

·         Enzim ptialin (amilase mulut/amilase oral)

Enzim ptialin termasuk sebagai enzim α-amilase,yaitu enzim yang memecah amilum (polisakarida) menjadi maltosa (disakarida) dan polimer kecil sakarida lainya . Enzim ini terutama dihasilkan oleh kelenjar parotis. Tetapi karena makanan berada dalam mulut tidak seberapa lama, tidak sampai 5% dari amium dapat terhidrolisis disini. Walaupun demikian, kerja ptialin dapat bertahan hingga satu jam saat makanan memasuki lambung

Manifestasi dari kerja enzim ptialin dapat dirasakan saat kita mengunya nasi atau roti dalam waktu yang lama, maka makanan tersebut kakn semakin terasa manis dan semakin manis.

·         HCl

HCl dalah asam lambung yang disekresikan oleh dinding lambung yang merubah pH makanan menjadi asam agar kuman-kuman yang masuk bersama makanan dapat dibunuh di dalam lambung sebelum masuk ke duodenum.

·         Enzim amilase pankreas

Enzim amilase pankreas adalah enzim yangdihasilkan oleh kelenjar pankreas yang strukturnya dan fungsinya  sama dengan ptialin. Enzim ini disekresikan menuju pars descenden duodenum Dengan enzim ini, polisakarida dirubah menjadi disakarida seperti maltosa, sukrosa dan laktosa. Selanjutnya perjalanan makanan karbohidrat akan dilanjutkan ke usus halus (jejenum dan illeum).

·         Enzim enzim epitel usus halus

Telah disebutkan di atas bahwa karbohidrat akan diserap dalam bentuk monosakarida, sedangkan setelah melewati duodenum, karbohidrat baru berbentuk disakarida. Oleh karena itu, terdapat enzim enzim pemecah disakarida menjadi monosakarida yang dihasilkan oleh epitel usus. Nama enzim ini sesuai dengan disakarida yang akan dipecah, yaitu maltase sukrase dan laktase.

Setelah menjadi monosakarida, karbohidrat langsung diserap menju darah dan ditransfer ke hati untuk di koordinasi penggunaanya.





2.      Lemak

Lemak (lipid) berperan penting dalam tubuh manusia, selain sebagai energi cadangan,  lemak juga berfungsi membentuk membran sel dan menghasilkan energi yang paling besar melalui proses lipolisis dan β-oksidase. Lemak akan dicerna dalam bentuk asaam lemak. Berikut ini enzim yang berpengaruh pada pencernaan lemak.

·         Lipase gaster

Lipase adalah enzim pemecah lemak, di lambung dihasilkan enzim lipase gaster untuk memecah lemak, tetapi rata-rata proses ini tidak begitu berarti, karena pencampuran lemak dan enzim mutlak memerlukan ester-cholesterol yang dihasilkan oleh empedu yang disekresikan ke duodenum.

·         Lipase pankreas yang dibantu oleh cholesterol yang dihasilakan empedu

Lipase pankreas dihasilkan untuk hidrolisis lemak menjadi asam lemak, tetapi umumnya enzim bersifat hidro filik dan lemak bersifat hidrofobik sehingga tidak dapat mencampur dan bereaksi.untuk itu diperlukan ester-cholesterol yang dapat menjadi emulgator agar lemak dan ezim dapat bercampur

Setelah berhasil lemak akan diserap dan diangkut ke dalam darah. Karena lemak tidak larut air maka transportasinya memerlukan protein plasma yaitu kilomoikron, LDL (low density lipoprotein) dan HDL (high density lipoprotein).

3.      Protein.

Protein adalah komponen penting pertumbuhan karena sebagian besar sel terdiri dari protein. Begitupun sistem imun dan protein plasma, semuanya mutlak membutuhkan protein.
            Protein diabsorbsi dalam bentuk asam amaino. Berikut ini adalah enzim yang         mempengaruhi pencernaan protein :
·         Enzim pepsin

Enzim pepsin berfungsi untuk mencerna poli protein menjadi lebih sederhana, pepsin dihasilkan oleh lambung dan bekerja optimal pada pH asam (2-3) dan tidak bekerja sama sekali dalam pH di atas 5.

Pepsin memiliki kemampuan untuk mencerna kolagen.

·         HCl

HCl dalam lambung membantu menesuaikan pH lambung agar pepsin dapat bekerja makasimal.

·         Tripsin, kimotripsin, dan karboksipolipeptidase

Tripsin, kimotripsin dan karboksi polipeptidase dihasilkan oleh pankreas yang melanjutkan peranan pepsin dan memecah protein menjadi lebih kecil lagi. Umunya saat meninggalkan lambung, protein masih berbebentuk proteosa, pepton dan olipeptida besar,kimotripsin dan tripsin dapat memecah protein menjadi polipeptida kecil dan karboksipolopeptidase dapat menghasilkan asam amino dari ujung karboksil polipeptida.

Telah disebutkan semua enzim yang mempengaruhi pencernaan karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu terdapat juga enzim lain sepeti renin pada gaster untuk memecah susu, dan enzim karnitin pada otot untuk memasukan asam lemak bebas hasil lipolisis ke dalam mithondria untuk proses beta-oksidase.

Telah disebutkan diatas, bahwa pencernaan juga dipengaruhi oleh hormon-hormon. Berikut adalah hormon hormon yang dapat mempengaruhi pencernaan.




1.      Human Growt Hormone (hGH)

hGH dihasilkan oleh kelenjar hipofisis anterior yang merupakan hormon pertumbuhan.

hGH memiliki efek untuk cenderung meningkatkan glikogenolisis pada hati, lipolisis pada jaringan adiposa sehingga menimbulkan kelaparan sel seiring meningkatnya gula darah. Akan dihasilkan hormon stress yang merangsang rasa lapar.

hGH juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan uptak asam amino pada sel dan mempercepat pembelahan sel.

2.      Hormon tiroid

Hormon tiroid bekerja seiring dengan hormon pertumbuhan, hormon tiroid adalah hormon metabolisme yang dapat meningkatkan pemakaian karbohidrat, protein dan lemak untuk metabolisme yang menghasilkan energi, panas, dan ATP. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar tiroid dengan rangsangan TSH dari hipofisis

Kelebihan hormon tiroid atau hipertiroid dapat menyebabkan metabolisme meningkat, tubuh menjadi panas, tremor dan kebutuhan makanan meningkat, tetapi berat badan tetap rendah karena makanan hanya menjadi energi untuk panas dan gerakan pada saat tremor.

3.      Parathormon (PTH)

Patahormon dihasilkan oleh kelenjar paratiroid yang memiliki defek pada pengaturan kadar kalsium. Saat tubuh kekurangan kalsium, maka parathormon dapat meningkatkan absorbsi kalsium pada usus halus.




4.      Insulin

Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh sel beta pankreas yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah. Defek insulin pada pencernaan adalah, ketika gula darah meningkat, maka insulin akan menghambat absorbsi glukosa pada usus halus dan menginduksi lipogenesis dan glikogenogenesis.


5.      Hormon adrenalin, dan nor adrenalin.

Sistem pencernaan dipengaruhi oleh sistem syaraf otonom yang kerjanya dipengaruhi oleh hormon hormon ini. Efeknya dapat ke syaraf simpatis atau parasimpatis yang dapat meningkatkan atau menurunkan motilitas usus, meningkatkan atau menurunkan sekresi asam lambung dan efek efek lainya.


6.       hormon lainya

terdapat berbagai hormon yang berefek menghambat atau meningkatkan hormon lainya, sehingga secara tidak langsung mempengaruhi pencernaan.