peranan dan metabolisme vitamin D

1

jadi.. vitamin D ini nih.. kerjanya sinergis sama PARATIROID HORMON / parathormon

kerjanya itu ... meningkatkan kadar kalsium dalam darah..

dimana.. kalsium ini ada 3 tempat yg crusial.

1. usus = di usus ini.. kan tempat absorbsi kalsium tuh..
jadi,,, kalo absorbsi naek.. kadar kalsium darah naek jg kan?
makanya vitamin D ini bisa naekin absorbsi kalsium dalam usus

2. tulang: dalam tulang ini ada dua proses
-pembentukan tulang__ kalo calsium ditimbun pada tulang.. makanya kalsium dalam darah bisa berkurang ini didukung oleh hormon kalsitonin dan estrogen
-sebaliknya kalo sel tulang ini mati trus dipecah lagi jadi kalsium dan fosfat. mak kalsium dalam darah bakal nambah dipengaruhi parathormon

pembentukan dan pemecahan tulang ini.. dilakukan secara imbang..
tapi kalo kalsium dalam darah ga cukup.. trus ga ada lagi yang bisa diambil.. makanya.. kalsium tulang bisa diambil.

(diselipin dikit... kenapa cewek lebih rentan osteoporosis? karena.. kalo cewek udah menopause,, hormon estrogen berhenti dihasilkan.. jadi ga ada pembentukan tulang lagi.. seketika kalsium darah kurang,, kalsium tulang yang diambil.. nah?? diambill.. tapi ga bisa dibentuk lagi,, keropos deh.. makanya kamu jangan ampe kekurangan kalsium sejak sekarang.. OK OK? :P)

lanjut...

3. ginjal
di ginjal kan calsium disaring.. trus kalo ga kepake (kadar calsium darah sudah cukup) dibuang deh
kalo kurang.. kalsiumnya bakal di reabsorbsi lagi (disini jg ada pengaruh vitamin D)

nah itu tadi kerjaaan vitamin D..

pembentukanya gini.. (konsentrasi y,,, )

zadi,, ada derivat kolesterol yang ada di kulit.. (pro vitamin D)
setelah terkena sinar matahari.. dia berubah menjadi kolikalsiferol (ingetin namanya yoh..)

kolikalsiferol ikut ama darah ke hati.. dalam hati (di hatimu).. dia bakal beerubah menjadi 25-hidroksikalsiferol (ingetin jg yg ini)

25-hidroksikalsiferol ikut lagi ma darah.. dia ke ginjal
dalam ginjaaal.. dia berubah lagi.. jadi 1,25-dihidroksikalsiferol

nah,, dalam bentuk 1,25-dihidroksikalsiferol inilah vitamin D dikirim ke ginjal, usus halus dan tulang untuk melakukan kerjaanya..

ngerti??
hehehe...

1 komentar:

ISWANDI DARWIS mengatakan...

bagus penjelasannya kak saga...ajarin aku dong...:)

Poskan Komentar