sistem urinary

0

karena request yang datang silih berganti..
makanya keluarlah postingan ini

gmana bisa terbentuk urin?

jadi urine itu sebenernya air... ditambah zat2 yang ga diperlukan oleh tubuh yang berasal dari hasil saringan ginjal.

ada beberapa proses yang terjadi di ginjal

1. filtrasi
filtrasi ini terjadi di glomerolus dan kapsula bowman, dimana proses ini menyaring zat zat seperti glukosa, asam amino, asam lemak, asam urat dan uric2 lain beserta ion ion berlebih seperti Na Cl urea ama pospat..

2. reabsorbsi
proses ini terjadi di tubulus proximal, yang terjadi adalah penyerapan kembali zat zat yang dibutuhkan tubuh,,
seperti glukosa, asam amino dan asam lemak dan air... pada keadaan normal pada urine seharusnya tidak terdapat glukosa. apabila terdapat glukosa.. berarti glukosa darah melampaui renal treshold >180mg/dl.

3. augmentasi
proses ini terjadi di lengkung henle / loop of henle.. augmentasi ini adalah proses pengenceran dan pemekatan urine.. dimana disini jg di sekresikan zat zat lain yang masih harus dibuang dan juga diatur kadar air pada urine tersebut!!!


giamana sih perjalanan sang urine??

jadi urine itu terbentuk dari saringan darah yang disaring oleh glomerolus

setelah itu menembus ke kapsula bowman

dari bowman menuju ke tubulus proximal yang selanjutnya akan diteruskan ke lengkung henle..

dari lengkung henle urine sudah jadi.. diteruskan ke tubulus distal..lanjut ke tubulus kolektivus langsung ke ductus kolectivus

selanjutnya akan diteruskan ke ureter dan ditampung di vesica urinaria (bagus y namanya?) atau disebut kandung kemih,,

gimana proses berkemih?

proses berkemih yang baik dan benar adalah di WC.. atau di belakang pohon (ahhahahahaha)

ga ding.. ni prosesnya

orang akan mau berkemih kalo dipaksa kemih, atau kalo emang udah harus kencing
dipaksa kencing tu contohnya waktu mau tes urine masuk unila (kencingnya kepaksa banget)

kalo emang udah harus kencing.. gini prosesnya

jadi.. ceritanya waktu berlalu sangat cepat sampai kandung kemih puh terisi penuh dan mengembung (memekar/mengembang/membabibuta) sehingga menekan ujung syaraf sensoris..

impuls ini dibawa ke medula spinalis yang akan menentukan tindakan selanjutnya,

alhasil setelah rapat dewan medula spinalis, diputuskan untuk merangsang syaraf parasimpatis dan menghambat syaraf simpatis

perangsangan syaraf parasimpatis ini menyebabkab dinding kandung kemih kontraksi ..
sedangkan penghambatan syaraf simpatis menyebabkan otot spinter urethra interna relaxasi..

sehingga perasaan kita kalo air kencing itu udah di ujung tanduk..
tapi untungnya ada otot spinter uretrha eksterna

kenapa kalo dingin banyak kencing.. kalo panas engga?

dalam tubuh ini ada sistem pengaturan hemostatis yang bekerja dengan ribet dan terus menerus

 kalo panas kita banyak keluarin keringett.. lantas.. keadaan tubuh jadi pekat (butuh air) sehingga hipotalamus menghasilkan hormon ADH yang berguna mengurangi kadar air kencing agar tubuh tidak kekurangan air.. akibatnya kencing jadi sedikit..

kalo ampe dehidrasi kencing jadi pekat, kental dan kuning

kalo dingin?? ya kebalikanya... sekali-sekali mikir sendiri


kok kalo cemas/ takut bawaanya mau kencing aja??

balik lagi ke syaraf yang aktif saat kita stress.. yaitu sayaraf parasimpatis.. yang efeknya pasti kamu udah tau


udah yaa.... segini dulu.. tar lagi... ni udah jam setengah 3 pagi
 

0 komentar:

Poskan Komentar