asam urat

1

penyakit asam urat atau gout adalah penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyaknya asam urat dalam darah. penyebabnya bisa karena berkurangnya eksresi asam urat yang mestinya dikeluarkan oleh ginjal ke dalam urin, atau karena terlalu banyaknya asam urat dalam darah karena gangguan metabolik purin-pirimidine.

asam urat dapat terjadi karena sebab primer dan sekunder. primer jika terjadi karena langsung oleh penyebab yang saya sebutkan di atas. sekunder jika terjadi karena penybab tidak langsung seperti obat obatan dan lainya.

gimana sih penyakitnya??

penyakitnya itu nyeri dan bengkak pada sendi gara-gara tebentuknya kristal monosodium urat monohidrat. kalau tidak diobati, kristal bakalan makin banyak dan makin menumpuk, dan yang jelas bakal bikin makin sakit aja.

brapa sih kadar normal asam urat??

kadar asam urat normal bagi wanita adalah 3-5 mg/dl, sedang pada laki-laki 4-6 mg/dl. kalo bencong?? coba tanya ama yang bencong aja.! kalo orang yang sakit gout minimal 10 mg /dl.

gmana perjalanan penyakitnya

awal awal asam urat naek itu.. namanya hipeurisemia asimptomatik. ini maksudnya kadar asam urat udah mulai tinggi, tapi belom terjadi gejala-gejala menyakitkan.

dilanjutkan oleh fase artritis gout akut. karena udah banyak asam urat dalam darah, kristal asam urat kebentuk di daerah sendi dan tulang rawan seperti di sendi telapak kaki, lutut, tangan dan siku.kristal ini selain menekan daerah sendi, juga memacu fagositosis oleh sel darah putih yang menyebabkan inflamasi akut. disini pasien bakal ngerasa sakit dan cenderung untuk berobat.

ada lagi fase interkritis, ini fase antara fase akut dan fase kronik.

trus fase terakhir ni fase arthritis gout kronik. ini biasanya gara gara yang akut dibiar biarin.. yang ini biasanya menahun. sakit terus ga tanggung-tanggung. sendi sendi tempat terdapat tofi (kristal asam urat yang terlihat bentol2 dari luar) menjadi lebih banyak dan membabibuta,, (ahha^^)

gimana sih metabolisme purin ini ?? kok ga boleh makan enak??

hehehe ini agak berat ni... berhubung ini udah jam setengah empat subuh.. gw mau ngucek cucian bentar..
(kucek kucek)
(bilas bilas)
(jemur jemur)

oke2 kita lanjut lagi.. tapi ni bakal harus dibaca berkali kali,karena ini agak ribet

asam urat itu berasal dari purin.. purin ini punya emak.. emaknya ini namanya nukleosida.. emaknya lagi namanya nukleotida,, emaknya lagi baru namanya asam nukleat,, ada baiknya kita urutkan dari yang paling emak duluan

asam nukleat dimakan, masuk kedalam usus.. dalam usus akan dipecah ama enzim endonuklease menjadi oligonukleoida..

oligo nukleotida dipecah oleh fosfodiesterase menjadi nukleosida mono fosfat

nukleosida monofosfat akan dipecah oleh enzim fosfomonoesterase(nekleosidase) menjadi nukleosida
nukleosida akan dipecah lagi oleh enzim nukleosida fosforilase menjadi basa dan nukleobase..

setelah ini bisa jadi 2 kejadian.. bisa disintesis lagi jadi asam nukleat, bisa jg dibuang.. eits.. sebelum dibuang harus jadi purin dan pirimidin dulu.

nah purin ini bisa menjadi hipoxantin selanjutnya menjadi xantin dan menjadi asam urat.. perubahan ini didukung oleh enzim xantin oksidase

karena eksresi berkurang atau karena asam uratnya kebanyakan ampe ga bisa dikeluarin lagi. akhirnya mereka numpuk deh, dan ngristal.

obatnya?
bakal ada di postingan selanjutnya

1 komentar:

syncardian_breaker mengatakan...

obatnya ada di postingan obat asam urat y..

Poskan Komentar